Selasa, 27 November 2012

SEJARAH TERBENTUKNYA HIMASSILA



Pengantar
Himassila adalah sebuah organisasi pergerakan dibidang kekuatan mental dan intektual yang tinggi, organisasi ini adalah organisasi kemahasiswaan yang berada dimakassar serta memiliki tiga desa kualisi yang berada di kecamatan lambu yaitu : 1) Sangga, 2) Simpasai, 3)  Lanta.
Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar yang dideklarasikan pada tanggal 15 November 2012, sebagai organisasi yang berstatus mahasiswa, maka setiap gerakan langkah senantiasa berlandaskan nilai-nilai kebenaran, baik dalam kehidupan berorgaisasi maupun yang tercermin dalam pola pikir, sikap dan tindakan hingga menjadi sumber inspirasi dan motivasi sekaligus menjadi tujuan yang ingin diwujudkan.
Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar sebagai wadah atau instrumen, harus mampu memberikan konstribusi real yang bermanfaat bukan hanya kepada anggotanya saja, namun sekaligus untuk masyarakat Sangga Simpasai Lanta khususnya maupun masyarakat Bima pada umumnya serta mampu menempatkan diri menjadi Rahmatan Lil Alamin.
Kesadaran berorganisasi
A.    Pengertian
Perlu suatu penjabaran lebih lanjut dalam bentuk Garis-Garis Besar Haluan Organisasi.
  1. GBHO adalah suatu haluan Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar dalam garis-garis sebagai inspirasi seluruh anggota mahasiswa yang diciptakan dalam masyarakat Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar.
  2. GBHO sebagai implementasi dari Aturan-Aturan Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar yang menyangkut berbagai aspek dinamika kehidupan baik kini maupun yang akan datang, sehingga aplikasinya dilakukan secara utuh dan teratur serta berkesinambungan.
  3. GBHO merupakan proses kerja umum Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar yang kemudian diwujudkan dalam program jangka pendek dan jangka panjang dan sesuai saat tertentu dapat ditinjau kembali sesuai dengan kondisi objektif dan sesuai kebutuhan yang ada.

B.     Maksud dan Tujuan
Garis-Garis Besar Haluan Organisasi dirancang harus dengan maksud memberikan arah dan sasaran langkah strategi organisasi dalam penyampaian tujuan secara bertahap dan berkesinambungan antara periode sebelum dan sesudahnya.
C.    Landasan
Garis – Garis besar haluan organisasi (GBHO), ini disusun berdasarkan AD/ART Himassila Makassar.
D.    Bentuk Perjuangan
Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar sebagai organisasi mahasiswa, maka dengan segala potensi yang dimilikinya, yakni intelektualitas, kritis, dinamis dan idealisme yang tinggi serta semangat juang, sehingga potensi-potensi itu perlu ditumbuh kembangkan menuju generasi yang mandiri dan tangguh serta memiliki kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat, sebagai wujud nyata dari salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.
E.     Program Jangka Pendek (Periode)
Dalam menghadapi berbagai gejolak dan persoalan yang semakin kompleks dewasa ini maka tantangan yang dihadapi secara kuantitatif akan semakin bertambah dan secara kualitatif akan semakin luas. Dengan demikian pengembagan organisasi ke depan harus bertolak objektif yang ada saat ini dan mengetahui serta mengukur keberhasilan yang pernah dicapai secara bertahap sebagai bahan evaluasi dan dapat diproyeksikan pada perkembangan di masa yang akan datang. Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar tinggal menata dan mengkaji kembali apa yang pernah dicapai secara intensif dalam mengarahkan pada meraih masa depan yang gemilang.
Lahir komitmen yang sangat kuat untuk ikut bertangung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur dan sejahtera yang diridhoi Allah SWT. Serta turut menjaga eksistensi bangsa umumnya dan Kecamatan Lambu khususnya di tengah dinamika dan kompetisi antar berbagai daerah yang ada di Indonesia.
Maka tahap pengembangan organisasi Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar, untuk tahap I dan merupakan ragkaian penjabaran dari program jangka panjang, sehingga penjabaran operasional benar-benar nyata dalam bentuk program kerja jangka pendek dalam satu periode Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar.
F.     Program Jangka Panjang
  1. Sasaran organisasi
Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar sebagai wadah pengembangan  intelekttual kreativitas diharapkan dapat memenuhi sasaran baik secara internal di kalangan kabinet  dan mahasiswa lambu khususnya maupun secara eksternal di kalangan mahasiswa Bima pada umumnya.
a.       Sasaran Internal
Sasaran internal Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar ialah terbentuknya suasana organisasi yang mapan dan profesional serta senantiasa menjalin kerja sama dengan semua pihak dengan memantapkan konsolidasi, koordinasi antara kabinet dan menciptakan manajemen organisasi dan sistem admistrasi yang rapi dan profesional.
b.      Sasaran Eksternal
Mendukung dan mendorong pencapaian visi dan misi organisasi Himpunan Mahasiswa Sangga Simpasai Lanta (HIMASSILA) Makassar, yang senantiasa mengejawantahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk pengembangan potensi mahasiswa sebagai calon intelektual muda.
  1. Sasaran utama program jangka panjang antara lain mewujudkan kehidupan yang berkualitas dan mandiri sehingga berpartisipasi dalam pembangunan Kecamatan Lambu maupun daerah Bima pada umunya guna mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera yang diridhoi Allah SWT.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar