Senin, 19 November 2012

Tahukah Anda



Semasa mengajar di Cambridge University, Sir Isaac Newton dianggap sebagai dosen yang payah. Ia cuma mengajar delapan kali dalam setahun, dan kuliahnya dianggap tidak menarik.
Namun di Cambridge University, Sir Isaac Newton mendapat kedudukan pengajar tertinggi yaitu Lucasian Professor bidangMatematika. Posisi yang sekarang dijabat Stephen W. Hawking.
Do You Know
Pizza adalah bahasa Itali untuk "pie" (kue). Pada bagian bawah pizza dibuat dari adonan ragi yang dipanggang menjadi lingkaran seperti roti. Di Itali, orang sudah membuat pizza sejak tahun 1400-an, tapi belum diberi tomat dan keju sampai tahun 1889.
Pada tahun 1889, seorang pembuat roti bernama Raffaele Esposito membuat pizza untuk Ratu Itali. Ia memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan dengan warna seperti bendera negaranya, Itali. Jadi Raffaele menambahkan tomat merah, keju putih, dan paprika hijau. Itulah ceritanya kenapa hingga sekarang pizza menyerupai bendera negara Itali.
Do You Know
Roman karya besar Gustave Flaubert berjudul "Madame Bovary" yang berkisah tentang cinta dan perselingkuhan, dikutuk oleh masyarakat sebagai suatu bentuk pornografi saat dimuat secara berkala dalam sebuah periodikal di tahun 1856.
Flaubert kemudian diajukan ke pengadilan dengan tuduhan merusak moralitas masyarakat dan agama. Pengadilan mengecam buku itu namun membebaskan sang penulis. Walaupun buku itu terjual hingga ribuan copy, Flaubert berkata bahwa ia ingin
memperoleh cukup banyak uang untuk membeli seluruh copy, "dan melemparkan semuanya ke dalam api hingga buku itu tidak pernah lagi dikenal orang".

Sekalipun dikutuk penulisnya sendiri, roman Madame Bovary tetap bertahan hingga kini dan termasuk karya sastra terbaik pada zamannya.
Do You Know
Istilah "hooker" dalam konotasi pelacur atau wanita penghibur, ternyata berasal dari para prajurit Amerika. Saat perang sipil, dikenal seorang Jenderal dari pihak Union
(Utara) yang bernama Joseph Hooker. Jenderal ini sering membawa wanita-wanita penghibur untuk menemaninya di kota New Orleans sepanjang masa perang sipil. Oleh anak buahnya, wanita-wanita ini diberi nama "Hooker's Division".
Lama-kelamaan kata "Division" menghilang, dan akhirnya wanita-wanita dengan profesi demikian mendapat mendapat sebutan "hooker" hingga sekarang.
Do You Know
Jangan kirim telegram ke Singapura, karena negara ini sejak 30 Maret 2002 lalu telah mengucapkan selamat tinggal kepada mesin pengirim pesan telegram.
Secara resmi perusahaan telekomunikasi Singapura menyatakan bahwa setelah lebih 100 tahun menggunakan telegram, negara ini memutuskan untuk menyudahi penggunaan telegram. Untukmasyarakat Singapura yang terbilang canggih, pengumuman ini jelas tak mengejutkan.

Telegram mengalami masa jaya tahun 1960-an sampai 1970-an, dimana lebih sejuta pesan dikirimkan tiap tahun. Pelan-pelan dan pasti, era telegram menyurut. Pada tahun-tahun terakhir, pengiriman 400 pesan sebulan saja sudah bagus. Zaman memang
sudah berubah, mungkin generasi sekarang kenal telegram pun tidak.
Do You Know
Manusia diciptakan Tuhan dengan keunikan yang luar biasa.  Menurut hasil penelitian ilmu kedokteran, jika seorang  dewasa dengan bobot tubuh rata-rata, maka selama 24 jam ia memiliki kesibukan :
1.      Jantung berdenyut 103.689 kali
2.      Darah menempuh perjalanan 168.000.000 mil
3.      Bernapas sebanyak 23.040 kali
4.      Menghirup udara sebanyak 483 meter kubik
5.      Menelan 1,5 kg makanan
6.      Meminum 3,5 liter cairan
7.      Berkata-kata sebanyak 25.000 kata (termasuk kata-kata yang tidak perlu diucapkan)
8.      Menggerakkan 750 otot
9.      Kuku bertumbuh 0,00012 cm
10.  Rambut memanjang 0,94353 cm
11.  Sel otak sebanyak 7.000.000 terus bekerja
Do You Know
Pada beberapa kebudayaan di dunia, termasuk diantaranya pada beberapa suku Indian Amerika Tengah, dan kaum Thracia dari daerah Bulgaria, kelahiran disambut dengan kesedihan sementara kematian disambut dengan kegembiraan.
Do You Know
Ketika seorang bayi baru lahir, maka keluarganya akan duduk mengelilingi sang bayi sambil meratapi kesusahan-kesusahan yang akan dialami sang bayi di masa hidupnya. Sebaliknya, saat menghadiri kematian, para tamu yang hadir justru tertawa dan melawak di hadapan orang yang meninggal, karena mereka percaya bahwa orang yang mati sedang menuju negeri kebahagiaan. Terkadang, istri atau hewan favorit milik yang mati ikut dibunuh, sehingga mereka pun dapat turut bersama berbahagia di alam baka.
Do You Know
Kalau bicara soal selera makan, rasanya sulit ada mahkluk lain yang bisa menandingi komodo. Mengapa demikian? Karena komodo memiliki selera makan yang sangat luar biasa. Biasanya seekor komodo mampu menyantap 2,5 kg makanan dalam semenit, dan baru berhenti makan kalau sudah kenyang.
Kapan kenyangnya? Sulit diukur, karena sering terjadi komodo makan hingga seberat 90% berat badannya - hanya dalam sekali makan. Ini sama dengan seorang dewasa yang makan 400 biji hamburger dalam sekali duduk.

Do You Know
Kalau di Indonesia, beberapa waktu lalu pemerintah kita galak menggelar program keluarga berencana, tidak demikian yang terjadi di Uni Emirat Arab.
Negeri itu justru melakukan kebijakan sebaliknya, mendorong penduduknya untuk kawin dan memiliki anak. Hal itu didorong oleh sebuah studi akademik yang mengungkapkan bahwa pertambahan penduduk negeri itu pada tahun 2020 hanya sebesar 5 %. Tidak dijelaskan berapa jumlah penduduk Uni Emirat Arab saat ini.
Akan tetapi, hasil studi itu telah membuat pemerintah Uni Emirat Arab jadi gusar. Karena itu, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Zayed bin Sultan al-Nahyan mendirikan sebuah "yayasan perkawinan". Yayasan ini adalah untuk membiayai perkawinan
rakyat Uni Emirat Arab.
Hingga kini yayasan tersebut sudah mengeluarkan dana hampir 400 juta dollar untuk biaya perkawinan sekitar 44.000 pasangan.
Do You Know
Istana Nurul Iman, yang dimiliki oleh Yang Mulia Sultan Brunei, Sir Muda Hassanal Bolkiah Mui'zzaddin Waddaulah (lahir 15 Juli 1946) adalah rumah kediaman paling mewah yang ada di atas bumi.
Istana yang diselesaikan bulan Januari 1984, bertepatan dengan kemerdekaan Brunei ini, dibangun dengan biaya US$ 350 Juta. Tempat kediaman Sultan Brunei ini memiliki 1.788 buah kamar dengan 257 kamar mandi dan toilet. Di ruang bawah tanah istana
itu terdapat sebuah garasi yang sedemikian luasnya hingga mampu menampung 110 buah mobil milik sang Sultan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar