Jumat, 22 Maret 2013

Hasil Belajar


                   Penilaian adalah salah satu komponen dalam proses pembelajaran, yang meliputi:
1.   Tujuan pembelajaran
2.   Metode pembelajara
3.   Penilaian hasil belajar
Ada yang beranggapan, bahwa penilain hanya satu bagian kecil dalam proses pendidikan, yang menyatakan  bahwa penilaian sama artinya dengan pemberian angka atas prestasi belajar siswa.
a.    Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangaan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
b.   Fungsi dan Tujuan Evaluasi Hasil Belajar
a)   Fungsi evaluasi hasil belajar:
1)   Untuk diagnostik dan pengembangan.
2)   Untuk seleksi
3)   Untuk kenaikan kelas
4)   Untuk penempatan.
b)   Sasaran evaluasi hasil belajar
1)   Ranah kognitif
2)   Ranah Afektif
3)   Ranah kentrampilan
c.    Tujuan Evaluasi Hasil Belajar
1)   Memberikan informasi tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajar melalui berbagai kegiatan belajar.
2)   Memberikan informasi yang dapat digunakan untuk membina kegiatan-kegiatan belajar siswa lebih lanjut, baik keseluruhan  kelas maupun masing-masing individu.
3)   Memberikan informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa, menetapkan kesulitan-kesulitanya dan menyarankan kegiatan-kegiatan remedial (perbaikan).
4)   Memberikan informasi yang dapat diiginkan sebagai dasar untuk mendorong motivasi belajar siswa dengan cara mengenal kemajuannnya sendiri dan merangsangnya untuk melakukan upaya perbaikan (Oemer Hamalik, 2009: 160).
                    Menuurut Wand dan Brown (1957) mendefinisikan evaluasi sebagai “....refer to the act  or process to determining the value of something. Evaluasi mengacu kepada suatu proses untuk menentukan nilai sesuatu yang dievaluasi.
                 Sejalan dengan pendapat tersebut Gubah dan Lincoln mendefinisikan evaluasi itu merupakan suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai dan arti  sesuatu yang dipertimbangkan (evaluand) (Wina Sanjaya, 2010: 335).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar