Jumat, 22 Maret 2013

Media Pembelajaran


Media berasal dari bahasa latin yang mempunyai arti antara. Makna tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi dari suatu sumber kepada penerima Uno (2008). Ungkapan tersebut senada dengan Sanjaya (2010), yang mengungkapkan bahwa kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar.
 Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,  perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar tercipta Sadiman (2008). Media digunakan untuk memberikan pengalaman belajar yang tidak dapat disajikan secara langsung sehingga guru memerlukan alat bantu seperti film dan foto-foto (Sanjaya, 2006).
Sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pengajaran. Hal ini dilandasi dengan keyakinan bahwa proses belajar mengajar dengan bantuan media mempertinggi kegiatan belajar anak didik dalam tenggang waktu yang cukup lama. Kegiatan belajar anak didik dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. Salah satu contoh macam-macam berdasarkan jenis dan cara pembuatannya media adalah visual. Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam, seperti film rangkai (film stip), slides (film bingkai) foto, gambar atau lukisan dan cetakan 
      (Djamarah dan Aswan, 2006).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar