1.
Tujuan pembelajaran
2.
Metode pembelajara
3.
Penilaian hasil belajar
Ada
yang beranggapan, bahwa penilain hanya satu bagian kecil dalam proses
pendidikan, yang menyatakan bahwa
penilaian sama artinya dengan pemberian angka atas prestasi belajar siswa.
a. Evaluasi
Hasil Belajar
Evaluasi
hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan
informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangaan untuk membuat keputusan
tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan
kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan.
b. Fungsi
dan Tujuan Evaluasi Hasil Belajar
a) Fungsi
evaluasi hasil belajar:
1) Untuk
diagnostik dan pengembangan.
2) Untuk
seleksi
3) Untuk
kenaikan kelas
4) Untuk
penempatan.
b) Sasaran
evaluasi hasil belajar
1) Ranah
kognitif
2) Ranah
Afektif
3) Ranah
kentrampilan
c. Tujuan
Evaluasi Hasil Belajar
1) Memberikan
informasi tentang kemajuan
siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajar melalui berbagai kegiatan
belajar.
2) Memberikan
informasi yang dapat digunakan untuk membina kegiatan-kegiatan belajar siswa lebih lanjut, baik
keseluruhan kelas maupun masing-masing
individu.
3) Memberikan
informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa, menetapkan
kesulitan-kesulitanya dan menyarankan kegiatan-kegiatan remedial (perbaikan).
4) Memberikan
informasi yang dapat diiginkan sebagai dasar untuk mendorong motivasi belajar
siswa dengan cara mengenal kemajuannnya sendiri dan merangsangnya untuk
melakukan upaya perbaikan (Oemer Hamalik, 2009: 160).
Menuurut Wand dan Brown (1957) mendefinisikan evaluasi sebagai “....refer to the act or process to determining the value of something”. Evaluasi mengacu kepada suatu proses untuk menentukan nilai
sesuatu yang dievaluasi.
Sejalan dengan pendapat tersebut Gubah dan Lincoln mendefinisikan
evaluasi itu merupakan suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai dan
arti sesuatu yang dipertimbangkan (evaluand) (Wina Sanjaya, 2010: 335).
0 komentar:
Posting Komentar