Jumat, 22 Maret 2013

Contoh RPP Biologi SMP Berkarakter




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah      : SMP Negeri 2 Lambu Kabupaten Bima
Mata Pelajaran     : IPA (Biologi)
Materi Pelajaran    : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
 Kelas / Semester   : VIII/1
AlokasiWaktu      : 2 x 45 Menit
Pertemuan            : Pertama                                            
STANDAR KOMPETENSI 2
2.  Memahamiketerkaitanantarastrukturdanfungsijaringantumbuhan.

KOMPETENSI DASAR
2.1  Megidentifikasistrukturjaringantumbuhandanmengaitkannyadalamfungsinya.

INDIKATOR

1.      Koginitif
a.      Produk
   Mendeskripsikanstrukturdanfungsijaringantumbuhan.
b.      Proses
Menyelediki strukturdanfungsijaringantumbuhan.
2.      Psikomotirik
Melalui kegiatan diskusi, tanya jawab dan kemampuan mengidentifikasi materi yang dibahas peserta didik mampu memahami dan mudah menguasai tentan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

3.      Afektif
a.      Kareakter
Menunjukkan perilaku meliputi; jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama, dan menghargai pendapat teman
b.      Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, bertanya, berbagi informasi, menjadi pendengar, komunikasi dengan santun
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Kognitif
a.      Produk
1.      Peserta didikdapatmembandingkanantarastrukturdanfungsijaringan di akar, batangdandaun
2.      PesertadidikdapatMenunjukkan epidermis, korteksdan stele padatumbuhan
3.      Menjelakanfungsijaringantertentu yang dijumpaipadatumbuhan
b.      Proses
1.      Diberikan LKPD, peserta didik dapat melakukan diskusi untuk dapat mengetahui strukturdanfungsitubuh tumbuhan di akar, batangdandaun serta mengkomunikasi menentukan ide atau pendapat untuk membuat pertanyaan pada saat diskusi berlangsung
2.      Peserta didik melempar pertanyaan ke kelompok lain dan menentukan jawaban yang tepat.
2.      Psikomotorik
1.      Keterampilan dalam mecatat hasil diskusi dan membuat ringkasan hasill diskusi
2.      Terampi berbicara didepan umum secara sistematis dan terampil dalam membuat pertanyaan



3.      Afektif
a.      Karakter
Menunjukkan perilaku meliputi; jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama, dan menghargai pendapat teman

b.      Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, bertanya, berbagi informasi, menjadi pendengar, komunikasi dengan santun

B.     MATERI PEMBELJARAN/URAIAN MATERI :

Struktur Dan Fungsi Jaringan
Jaringan yang menyusun organ tumbuhan berbeda-beda. Organ tumbuhan yang bersifat vegetative terdiriatasakar (radiks), batang (caulis), dandaun (folium). Organ-organ lain seperti bunga dan buah merupakan organ generative yang menjelma dari salah satu organ pokok atau kumpulan beberapa organ pokok.
1.    Akar
Akaradalah organ tumbuhan yang masukkedalamtanah yang berfungsi:
a.       Menyerap air dangaram mineral daritanah
b.      Memperkuatberdirinyatumbuhan
c.       Tempatmenyimpancadanganmakanan, misalnyaakartanamanketelapohon (Manihotutillisima)
d.      Sebagaialatpernapasan, (Akartanamanbakau).
Akar berkembang dari meristem di ujungakar yang tertutup oleh tudung akar (kaliptra). Tudung akar berasal dari bagian meristem apical yang disebut kaliptorgen dan tersusun atas sel-sel parenkim. Meristem apical yang ada di ujungakar, membelah kemudian mengalami pemanjangan dan pendewasaan. Pada zona pemanjangan, sel sel akar berkembang menjadi beberapa sel permanen. Akar primer tumbuh dari calon akar pada embrio, dan akar sekunder tumbuh Karena adanya aktivitas cambium. Akar dapat dibedakan menjadi 3 yaitu akar serabut, akar tunggang dan akar adventif. Adapun struktur jaringan penyusun akardari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, stele (perisikel, vasis atau berkas pembuluh angkut dan empulur.
2.    Batang
Batang merupakan organ tumbuhan yang tumbuh di permukaan tanah. Fungsi batang antara lain:
a.    Menyalurkan air dan garam-garam mineral dari akar kedaun
b.    Menyalurkan zat makanandari daun keseluruh tubuh
c.    Tempat menyimpan cadangan makanan
d.   Tempat menempelnyadaun, bunga dan buah.
Pada awal pembentukannya batang berasal dari batang lembaga pada embrio. Kemudian selanjutnya berkembang dari meristem apical. Perbedaan pertumbuhan meristem apical padatiap tumbuhan menyebabkan perbedaan susunan anatomi batang, khususnya pada tumbuhan dikotil dan monokotil.
3.    Daun
Daun mempunyai beragam bentuk. Fungsi daun adalah:
a.    Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis
b.    Menyerap CO2dari udara
c.    Sebagai tempat pengeluaran kelebihan air
Dauntersusunatasbeberapajaringanyaitujaringan dermal (epidermis), jaringandasar (mesofil) danjaringanpembuluh.
4.    Bunga
Bungamerupakankumpulan organ tumbuhan yang berfungsisebagaialatperkembangbiakan. Berdasarkanalatperkembangbiakan yang dimilikibungadapatdibedakanmenjadi 2 yaitu: bungauniseksualdanbiseksual. Kelengkapanbungaterdiriatastangkai, dasar, kelopak, danmahkota. Alatreproduksibungabetinaadalahputikdanjantanadalahbenang sari
Strukturanatomibatangpadatumbuhan :
5.      Secaraumumstrukturanatomibatangpadatumbuhan :
·         Epidermisterdiridari 1 lapis sel yang tersusunrapat.
·         Korteksterdiridaribanyakseldantersusunberlapis-lapis ,dindingselnya tipis danmempunyaibanyakruangantarseluntukpertukaran gas.
·         Stele (silinderpusatterletakdisebelahdalam endodermis. Diantara stele terdapatberkaspengangkut.

C.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Model pembelajaran  : KooperatifTipeNHT
2.      Metodepembeajaran :Ceramah, Tanya jawab, diskusi Kelompok

D.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
KegiatanPembukaan(± 5)
AlokasiWaktu
Guru meriviewmaterisebelumnyadiharapkanpesertadidikmenyumbangkan ide, gagasanataupendapatnya, sementarapesertadidik yang lain mendengarkandenganseksama, menghargaipendapattemannyadengantidakmencelah, bersifatterbuka. Selanjutnya guru memberikanpertanyaan“bisakahandajelaskanketerkaitanantarastrukturdanfungsijaringantumbuhan” yang mengarahkankepadatujuanpembelajaran



5 Menit
Kegiataninti (± 80 Menit)
AlokasiWaktu
Guru menyampaikaninformasisingkattentangtopikpembelajaran yang mencakuptentangketerkaitanantarastrukturdanfungsijaringantumbuhandanmemberikanarahantentangtatacaraberdiskusi, kemudian guru menyuruhPara peserta didikuntukmemilihberbagaisubtopik yang berkaitan dengan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.


10 Menit
Mengorganisasipesertadidikdalamkelompok – kelompoksecaraheterogenkedalamkelompok yang beranggotakan5hingga 6 orang. Selanjutnyadidiskusikanmeliputikarakterkerjasamadanpeduli


5 Menit
1.      Para peserta didikmemilihberbagaisubtopikdalamsuatuwilayahmasalahumumdanterlebih dahulu guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dibahas oleh peserta didik. Para peserta didikselanjutnyadiorganisasikanmenjadikelompok-kelompok yang berorientasipadatugas (task oriented groups) yang beranggotakan5hingga 6 orang secara heterogen.
2.      Para peserta didikbersama guru merencanakanberbagaiprosedurbelajarkhusus, tugasdantujuanumum yang konsistendenganberbagaitopikdansubtopik yang telahdipilihdarilangkah1diatas.
3.      Para peserta didikmelaksanakanrencana yang telahdirumuskanpadalangkah2. Pembelajaranharusmelibatkanberbagaiaktivitasdanketerampilandenganvariasi yang luasdanmendorongparapeserta didikuntukmenggunakanberbagaisumberbaik yang terdapat di dalammaupun di luarsekolah. Guru secaraterus-menerusmengikutikemajuantiapkelompokdanmemberikanbantuanjikadiperlukan.
4.      Para peserta didikmenganalisisdanmensintesisberbagaiinformasi yang diperolehpadalangkah3danmerencanakan agar dapatdiringkaskandalamsuatupenyajian yang menarik di depankelas.
5.      Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar semua peserta didik dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasikelompokdikoordiniroleh guru.




45 Menit
Setiappesertadidikdalamkelompokmembuatringkasan/resumendarihasildiskusi yang telahberlangsun. Pada proses ini, apaadamasalah-masalahatauadahal yang kurangdipahamipadasaatdiskusiberlangsungpesertadidikdiberikesempatanuntukbertanyadibawahbimbingan guru sebagaifasilitator

20 Menit
KegiatanPenutup (± 5 Menit)
AlokasiWaktu
1.      Guru besertapeserta didikmelakukanevaluasimengenaikontribusitiapkelompokterhadappekerjaankelassebagaisuatukeseluruhan. Evaluasidapatmencakuptiappeserta didik secaraindividuataukelompok, ataukeduanya.
2.      Guru memberikantugasindividuterhadappesertadidikberupamenyuruhuntukmempelajariterlebihdahulumateri yang akandibahasminggudepan.




5        Menit

E.     SUMBER BLAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:bukupaket IPABiologi
         
F.     PENILAIAN DAN POGRAM TINDAK LANJUT
1.      ProsedurPenilian:
Penilaian aktivitas dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dan penilaian hasil belajar pada akhir (siklus I)
2.      TeknikPenilaian    :
Tes tertulis
3.      Bentuk Penilaian    :
Pilihan ganda
4.      Alat Instrumen       :

        Program tindaklanjut :
-          Peserta didikyang tuntas KKM diberi program pengayaan
-          Peserta didikyang tidaktuntasdiberi program remedial.

Pilihan ganda
1.      Peranan penting daun bagi tumbuhan yaitu untuk........
A.    Pernapasan
B.     Menyerap air
C.     Menyebarkan sari-sari makanan
D.    Fotosintesis
2.      Berikut ini yang bukan merupakan fungsi akar bagi tumbuhan adalah.......
A.    Untuk petukaran udara
B.     Untuk menyerap air dan mineral
C.     Sebagai tempat
D.    Sarana penghubung antara batang ditanah
3.      Batang batang yang sudah tua, keluar masuknya udara terjadi melalui.......
A.    Stomata
B.     Epidermis
C.     Korteks
D.    Bintisel
4.      Bagian akar tumbuhan yang memiliki sifat meristematis adalah ..........
A.    Endodermis
B.     Jaringan pengangkut
C.     Korteks
D.    Perisikel
5.      Calon pembentuk akar yang tertukar didalam biji adalah.........
A.    Lembaga
B.     Plamula
C.     Kutiledon
D.    Radikula

Pedoman Penskoran
No
Kunci Jawaban
Skor
1
D
1
2
A
1
3
B
1
4
C
1
5
B
1

Jumlah skor maksimum
100

Pilihan Ganda
S = R Keterangan :
S = Skor yang diperoleh
R = Jawaban yang betul
 



Jika jawaban benar skor 1
Jika tidak menjawab atau salah 0


Simpasai Kec. Lambu,  2013


Guru/Pengajar


Ardiansyah, S.Pd
NIP :

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar