RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Lambu Kabupaten Bima
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Materi Pelajaran : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Kelas / Semester : VIII/1
AlokasiWaktu : 2 x 45 Menit
Pertemuan :
Pertama
STANDAR KOMPETENSI 2
2. Memahamiketerkaitanantarastrukturdanfungsijaringantumbuhan.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Megidentifikasistrukturjaringantumbuhandanmengaitkannyadalamfungsinya.
INDIKATOR
1. Koginitif
a. Produk
Mendeskripsikanstrukturdanfungsijaringantumbuhan.
b. Proses
Menyelediki strukturdanfungsijaringantumbuhan.
2.
Psikomotirik
Melalui
kegiatan diskusi, tanya jawab dan kemampuan mengidentifikasi materi yang
dibahas peserta didik mampu memahami dan mudah menguasai tentan materi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan.
3.
Afektif
a. Kareakter
Menunjukkan perilaku meliputi; jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama,
dan menghargai pendapat teman
b. Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, bertanya, berbagi informasi, menjadi
pendengar, komunikasi dengan santun
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
a.
Produk
1. Peserta didikdapatmembandingkanantarastrukturdanfungsijaringan
di akar, batangdandaun
2. PesertadidikdapatMenunjukkan
epidermis, korteksdan stele padatumbuhan
3. Menjelakanfungsijaringantertentu
yang dijumpaipadatumbuhan
b. Proses
1. Diberikan LKPD, peserta didik dapat melakukan diskusi
untuk dapat mengetahui strukturdanfungsitubuh tumbuhan di akar, batangdandaun serta mengkomunikasi menentukan ide atau pendapat untuk
membuat pertanyaan pada saat diskusi berlangsung
2.
Peserta didik melempar
pertanyaan ke kelompok lain dan menentukan jawaban yang tepat.
2.
Psikomotorik
1. Keterampilan
dalam mecatat hasil diskusi dan membuat ringkasan hasill diskusi
2. Terampi
berbicara didepan umum secara sistematis dan terampil dalam membuat pertanyaan
3.
Afektif
a.
Karakter
Menunjukkan perilaku meliputi; jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama,
dan menghargai pendapat teman
b.
Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, bertanya, berbagi informasi,
menjadi pendengar, komunikasi dengan santun
B.
MATERI
PEMBELJARAN/URAIAN MATERI :
Struktur Dan Fungsi Jaringan
Jaringan yang menyusun organ tumbuhan berbeda-beda. Organ tumbuhan
yang bersifat vegetative terdiriatasakar (radiks), batang (caulis), dandaun
(folium). Organ-organ lain seperti bunga dan buah merupakan organ generative yang
menjelma dari salah satu organ pokok atau kumpulan beberapa organ pokok.
1. Akar
Akaradalah
organ tumbuhan yang masukkedalamtanah yang berfungsi:
a. Menyerap
air dangaram mineral daritanah
b. Memperkuatberdirinyatumbuhan
c. Tempatmenyimpancadanganmakanan,
misalnyaakartanamanketelapohon (Manihotutillisima)
d. Sebagaialatpernapasan,
(Akartanamanbakau).
Akar berkembang dari meristem di ujungakar yang
tertutup oleh tudung akar (kaliptra). Tudung akar berasal dari bagian meristem apical
yang disebut kaliptorgen dan tersusun atas sel-sel parenkim. Meristem apical yang ada
di ujungakar, membelah kemudian mengalami pemanjangan dan pendewasaan.
Pada zona pemanjangan, sel sel akar berkembang menjadi beberapa sel permanen. Akar
primer tumbuh dari calon akar pada embrio,
dan akar sekunder tumbuh Karena adanya aktivitas cambium. Akar dapat dibedakan menjadi 3
yaitu akar serabut, akar tunggang dan akar adventif.
Adapun struktur jaringan penyusun akardari luar ke dalam adalah epidermis, korteks,
endodermis, stele (perisikel, vasis atau berkas pembuluh angkut dan empulur.
2. Batang
Batang merupakan organ tumbuhan yang tumbuh di permukaan tanah.
Fungsi batang antara lain:
a. Menyalurkan
air dan garam-garam mineral dari akar kedaun
b. Menyalurkan zat makanandari daun keseluruh tubuh
c. Tempat menyimpan cadangan makanan
d. Tempat menempelnyadaun,
bunga dan buah.
Pada awal pembentukannya batang berasal dari batang lembaga pada embrio.
Kemudian selanjutnya berkembang dari meristem apical. Perbedaan pertumbuhan meristem
apical padatiap tumbuhan menyebabkan perbedaan susunan anatomi batang,
khususnya pada tumbuhan dikotil dan monokotil.
3. Daun
Daun mempunyai beragam bentuk.
Fungsi daun adalah:
a. Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis
b. Menyerap
CO2dari udara
c. Sebagai tempat pengeluaran kelebihan
air
Dauntersusunatasbeberapajaringanyaitujaringan dermal (epidermis),
jaringandasar (mesofil) danjaringanpembuluh.
4. Bunga
Bungamerupakankumpulan organ tumbuhan yang
berfungsisebagaialatperkembangbiakan. Berdasarkanalatperkembangbiakan yang
dimilikibungadapatdibedakanmenjadi 2 yaitu: bungauniseksualdanbiseksual.
Kelengkapanbungaterdiriatastangkai, dasar, kelopak, danmahkota.
Alatreproduksibungabetinaadalahputikdanjantanadalahbenang sari
Strukturanatomibatangpadatumbuhan
:
5. Secaraumumstrukturanatomibatangpadatumbuhan
:
·
Epidermisterdiridari 1 lapis sel yang
tersusunrapat.
·
Korteksterdiridaribanyakseldantersusunberlapis-lapis
,dindingselnya tipis danmempunyaibanyakruangantarseluntukpertukaran gas.
·
Stele
(silinderpusatterletakdisebelahdalam endodermis. Diantara stele
terdapatberkaspengangkut.
C.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model pembelajaran : KooperatifTipeNHT
2. Metodepembeajaran :Ceramah, Tanya
jawab, diskusi Kelompok
D.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
KegiatanPembukaan(± 5)
|
AlokasiWaktu
|
Guru
meriviewmaterisebelumnyadiharapkanpesertadidikmenyumbangkan ide,
gagasanataupendapatnya, sementarapesertadidik yang lain
mendengarkandenganseksama, menghargaipendapattemannyadengantidakmencelah,
bersifatterbuka. Selanjutnya guru memberikanpertanyaan“bisakahandajelaskanketerkaitanantarastrukturdanfungsijaringantumbuhan”
yang mengarahkankepadatujuanpembelajaran
|
5 Menit
|
Kegiataninti (± 80 Menit)
|
AlokasiWaktu
|
Guru
menyampaikaninformasisingkattentangtopikpembelajaran yang mencakuptentangketerkaitanantarastrukturdanfungsijaringantumbuhandanmemberikanarahantentangtatacaraberdiskusi,
kemudian guru menyuruhPara peserta didikuntukmemilihberbagaisubtopik yang
berkaitan dengan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
|
10 Menit
|
Mengorganisasipesertadidikdalamkelompok
– kelompoksecaraheterogenkedalamkelompok yang beranggotakan5hingga 6 orang.
Selanjutnyadidiskusikanmeliputikarakterkerjasamadanpeduli
|
5 Menit
|
1.
Para
peserta didikmemilihberbagaisubtopikdalamsuatuwilayahmasalahumumdanterlebih dahulu guru memberikan gambaran tentang
materi yang akan dibahas oleh peserta didik. Para peserta didikselanjutnyadiorganisasikanmenjadikelompok-kelompok
yang berorientasipadatugas (task oriented groups) yang beranggotakan5hingga 6
orang secara heterogen.
2. Para peserta didikbersama guru merencanakanberbagaiprosedurbelajarkhusus,
tugasdantujuanumum yang konsistendenganberbagaitopikdansubtopik yang
telahdipilihdarilangkah1diatas.
3.
Para
peserta didikmelaksanakanrencana yang
telahdirumuskanpadalangkah2. Pembelajaranharusmelibatkanberbagaiaktivitasdanketerampilandenganvariasi
yang luasdanmendorongparapeserta didikuntukmenggunakanberbagaisumberbaik
yang terdapat di dalammaupun di luarsekolah. Guru
secaraterus-menerusmengikutikemajuantiapkelompokdanmemberikanbantuanjikadiperlukan.
4.
Para
peserta didikmenganalisisdanmensintesisberbagaiinformasi
yang diperolehpadalangkah3danmerencanakan agar dapatdiringkaskandalamsuatupenyajian
yang menarik di depankelas.
5. Semua
kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang
telah dipelajari agar semua peserta didik dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu
perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasikelompokdikoordiniroleh guru.
|
45 Menit
|
Setiappesertadidikdalamkelompokmembuatringkasan/resumendarihasildiskusi
yang telahberlangsun. Pada proses ini, apaadamasalah-masalahatauadahal yang
kurangdipahamipadasaatdiskusiberlangsungpesertadidikdiberikesempatanuntukbertanyadibawahbimbingan
guru sebagaifasilitator
|
20 Menit
|
KegiatanPenutup (± 5 Menit)
|
AlokasiWaktu
|
1.
Guru
besertapeserta didikmelakukanevaluasimengenaikontribusitiapkelompokterhadappekerjaankelassebagaisuatukeseluruhan.
Evaluasidapatmencakuptiappeserta didik secaraindividuataukelompok,
ataukeduanya.
2. Guru
memberikantugasindividuterhadappesertadidikberupamenyuruhuntukmempelajariterlebihdahulumateri yang
akandibahasminggudepan.
|
5
Menit
|
E.
SUMBER BLAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:bukupaket IPABiologi
F.
PENILAIAN
DAN POGRAM TINDAK LANJUT
1.
ProsedurPenilian:
|
Penilaian aktivitas dilakukan pada
saat pembelajaran berlangsung dan penilaian hasil belajar pada akhir (siklus
I)
|
2. TeknikPenilaian :
|
Tes tertulis
|
3. Bentuk Penilaian :
|
Pilihan ganda
|
4. Alat Instrumen :
|
Program
tindaklanjut :
-
Peserta didikyang tuntas KKM diberi program
pengayaan
-
Peserta didikyang tidaktuntasdiberi program
remedial.
Pilihan ganda
1.
Peranan penting daun bagi tumbuhan
yaitu untuk........
A.
Pernapasan
B.
Menyerap air
C.
Menyebarkan sari-sari makanan
D.
Fotosintesis
2.
Berikut ini yang bukan merupakan fungsi
akar bagi tumbuhan adalah.......
A.
Untuk petukaran udara
B.
Untuk menyerap air dan mineral
C.
Sebagai tempat
D.
Sarana penghubung antara batang ditanah
3.
Batang batang yang sudah tua, keluar
masuknya udara terjadi melalui.......
A.
Stomata
B.
Epidermis
C.
Korteks
D.
Bintisel
4.
Bagian akar tumbuhan yang memiliki
sifat meristematis adalah ..........
A.
Endodermis
B.
Jaringan pengangkut
C.
Korteks
D.
Perisikel
5.
Calon pembentuk akar yang tertukar
didalam biji adalah.........
A.
Lembaga
B.
Plamula
C.
Kutiledon
D.
Radikula
Pedoman
Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
D
|
1
|
2
|
A
|
1
|
3
|
B
|
1
|
4
|
C
|
1
|
5
|
B
|
1
|
Jumlah skor maksimum
|
100
|
Pilihan Ganda
S = R Keterangan :
S = Skor yang diperoleh
R = Jawaban yang betul
|
Jika jawaban benar skor 1
Jika tidak menjawab atau salah 0
Simpasai Kec. Lambu, 2013
Guru/Pengajar
Ardiansyah, S.Pd
NIP :
0 komentar:
Posting Komentar