Senin, 23 Juni 2014

H. M. Djafar Amin (alm) Tokoh Pendiri STKIP BIMA

STKIP Bima didirikan pada tahun 1976. Salah seorang pendiri penguruan tinggi bersebelahan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo ini H. M. Djafar Amin (alm). Semasa hidup sosok H. M. Djafar Amin dikenal luas masyarakat Bima. Putera asal Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima yang pernah menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bima era orde baru merupakan seorang pendidik (Guru).
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima terbakar setelah beberapa hari mengadakan pemilihan Ketua baru. Api menjalar dan menghanguskan bangunan kantor program studi Ekonomi yang berada dibagian utara Kampus beralmamater kuning ini.

Sumber api yang mengakibatkan terbakarnya Perguruan Tinggi yang terletak di Kelurahan Mande II Kecamatan Mpuda Kota Bima terjadi pada 15 Maret 2013 dini hari.

STKIP Bima yang pengelolaannya dalam naungan Yayasan IKIP Bima saat ini diketuai Drs. Mustamin, M.Si. Hingga saat ini STKIP menyelenggarakan beberapa program studi yang sudah terakreditasi yaitu Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika.

Pada bulan Maret 2013 ketua STKIP Bima, Drs. Mustamin,M.Si melakukan kunjungan lintas negara dalam rangka menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan pertukaran dosen.

"bulan Maret 2013 saya sebagai ketua STKIP Bima berkunjung ke Universitas Hankuan Korea Selatan selama satu minggu," jelas Mustamin ketika dihubungi di kediamannya.

"Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan pertukaran dosen," lanjut alumni Unhas Makasar yang pernah menjadi tahanan karena melakukan demo.

Mustamin sewaktu kuliah merupakan seorang aktivis dan pernah ditahan akibat melakukan demo pada saat Jendral Daud Yusuf melakukan kunjungan kerja di Makasar Ujung Pandang

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar